Baiknya mahasiswa S1 lulus kuliah dalam kurun waktu 4 tahun, sesaat D3 atau vokasi lulus kuliah sesudah tiga tahun. Tetapi, kamu cukup berlainan. Kuliah teorimu telah usai lama. Tetapi kamu tidak juga mendapatkan gelar sarjana. Beberapa orang juga menganggapmu mahasiswa kekal, dan periode depanmu diprediksikan akan muram atau malahan di-DO sekaligus.

Tetapi lulus terlambat tidak selama-lamanya buruk kok. Apa lagi jika argumen terlambat lulusmu bukan lantaran kamu bermalasan. Kamu yang lulusnya tidak pas 4 tahun seperti rekan-rekan yang lain, masih akan punyai hari esok.

Kamu kuliah sekalian kerja? Jika iya bermakna kamu terhitung mahasiswa yang rajin dan tidak cuma leha-leha. Sudah tentu kamu akan bertahan dengan keadaan apa saja nanti saat bekerja. Kelulusanmu memang tidak didapatkan dengan selekasnya, tapi sekurang-kurangnya kamu telah mempersiapkan psikis untuk dapat bekerja nantinya. Juga, kamu telah mempunyai satu modal yang dapat kamu catat di CV-mu, hingga waktu melamar kerja pengalamanmu telah berisi.

Untuk beberapa mahasiswa tingkat akhir, telah semestinya diri kamu pikirkan akan seperti apakah kamu di hari esok. Apa akan bekerja turut seseorang, atau jadi enterpreneur dari hoby yang kamu tekuni? Jawabnya pasti kamu yang mengetahui. Bila sebab mempelajari hoby atau passion-mu kelulusanmu yang terlambat juga bukan suatu hal yang jelek, sebab bisa dibuktikan kamu masih berkembang.

Ada type mahasiswa yang lulus lama sebab mempelajari teori sepanjang duduk di kursi kuliah. Kemungkinan kamu ialah type orang kepercayaan dosen yang kerap dibawa turut bermacam riset. Mungkin saja, passionmu yang sesungguhnya memang belajar dan cita-citamu ialah jadi dosen. Lulus lama juga bukan tanpa manfaat. Jika kamu dapat cari link dari dosen-dosenmu, gampang agar bisa referensi untuk meneruskan S2. Ya ‘kan?

Kamu kebanyakan bergaul dengan lingkungan. Seringkali kamu mengikut komunitas-komunitas yang ada. Nah walau belum lulus, tetapi jaringan pertemananmu dapat kamu gunakan nantinya yang akan datang. Ini tersangkut mengenai pekerjaan apa yang akan kamu tekuni nanti. Jaringan pertemananmu menjadi penyelamatmu!

Nah, kalau yang ini ialah argumen paling bernilai yang kamu punyai sampai belum diwujudkannya kelulusanmu. Kamu kerap mengikut tindakan sukarelawan untuk sama-sama. Ini membuat kamu jadi mahasiswa tingkat akhir yang bermutu.

Tenang! Kamu yang Lulus Kuliahnya Lama Tetap Punya Kesempatan Dapatkan Masa Depan Cerah
error: Content is protected !!