Bekerja jarak jauh dari rumah dan berbelanja daring melalui e-commerce adalah salah dua aktivitas baru yang lagi ngetrend. Tetapi tahu tidak, sesungguhnya dua hal itu pernah diprediksikan lo. Jauh saat sebelum tehnologi nampak kemungkinan untuk merealisasikan dua hal itu, Steve Jobs sudah memprediksinya.

Salah satunya pendiri Apple ini demikian terkenal dengan kekuatannya meramalkan hari esok tehnologi. Hal itu tidak terlepas dari cuplikan kesukaannya, yakni “Langkah terhebat untuk meramalkan hari esok dengan membuatnya”. Nah, berikut 5 perkiraan Steve Jobs yang sudah bisa dibuktikan ini hari.

Kekuatan Steve Jobs dalam meramalkan trend tehnologi kembali menyodok ketika Flash Player punya Adobe memutus tutup di akhir 2020 kemarin. Dalam penjelasannya, Adobe menerangkan akan hentikan suport keamanan untuk flash mulai 31 Desember 2020, dan pada tanggal 12 Januari 2021 akan mematikan animasi Flash di semua browser.

Nah, bila kita mundur ke tahun 2010, Steve Jobs rupanya pernah mati-matian mengomentari Adobe sebab Flash Player dipandang kuras baterei. Dia memperjelas tidak akan biarkan Flash Player masuk di iPhone. Dalam kata lain, Jobs menunjukkan Flash Player tidak akan tahan lama di arena tehnologi.

Merilis Business Insider, Jobs di tahun 1996 pernah ngomong jika kedatangan internet akan berpengaruh besar di dunia perdagangan. Dia memperkirakan jika bisa banyak perusahaan rintisan yang berkompetisi dengan perusahaan besar dengan cara berdagang langsung ke customer.

Walau tidak ada arti e-commerce, Jobs menjelaskan jika konsumen setia tidak lama kembali akan stop berkunjung banyak toko (off line) dan menukar langkah berbelanja mereka dengan berkunjung situs. Dia mengingati bisa banyak perusahaan besar yang terimbas bila tidak menyesuaikan.

Di tahun 1990, 30 tahun saat sebelum kerja dari rumah ngetrend sebab wabah Covid-19, Jobs seperti dikutip dari The Ladders pada sebuah peluang bincang-bincang bersama wartawan Jon Erlichman, menjelaskan jika ada kekuatan besar pasar kerja digital. Menurut Jobs, kesempatan kerja digital ini bisa berperan secara vitual serta lebih fleksibel di periode kedepan. Waktu telah menunjukkan perkiraan Jobs, kan? Saat ini kerja dari rumah masih teratur!

Belanja Online dan Kerja Jarak Jauh, Ini 5 Prediksi Steve Jobs di Masa Lalu Tentang Tren Teknologi yang Jadi Kenyataan
error: Content is protected !!